Bank Jateng Syariah Hibahkan Ambulan ke RSGM Soelastri UMS Solo

SOLO — Bank Jateng Syariah menghibahkan satu unit ambulan untuk Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Universitas Muhammadiya Surakarta (UMS) di Solo, sebagai bentuk komitmen kepada masyarakat untuk turut serta berdakwah.  Penyerahan secara simbolis dilakukan dengan menyerahkan miniatur kunci mobil oleh Direktur Bisnis Ritel & Unit Usaha Syariah, Hanawijaya, kepada Rektor UMS. Prof Dr Sofyan Anif MSi.

 “Kami yakin Allah SWT yang akan membalas. Mungkin kalau secara itung-itungan angkanya besar, tapi ini bagian dari dakwah. Nanti Allah yang akan membantu menyelesaikan persoalan yang ada di Bank Jateng Syariah,” kata  Direktur Bisnis Ritel & Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hanawijaya, saat memberikan sambutannya

Penyerahan kunci secara simbolis yang dilakukan di lantai 6 Gedung RSGM Soelastri, dilanjutkan penyerahan dengan penyerahan kunci kepada oleh Rektor UMS kepada Direktur RSGM Soelastri UMS, drg Ida Witiasati MKes. Hadir dan turut menyaksikan penyerahan tersebut Ketua BPH UMS, Drs H A Dahlan Rais MHum, para wakil rektor UMS, Direksi RSGM Soelastri, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, dan beberapa pimpinan Bank Jateng Syariah.

Direktur RSGM, Ida Witiasati, mengaku sangat bersyukur karena akhirnya rumah sakit yang dipimpinnya kini memiliki mobil layanan untuk masyarakat. “Dengan adanya moda transportasi ini tentunya kan memudahkan kami untuk menjemput pasien yang membutuhkan perawatan,” ungkapnya.

Pemanfaatan ambulan tersebut, menurt Ida Witiasti, selain untuk antar-jemput pasien juga akan dimanfaatkan untuk program home care atau datang secara langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan pentingnya perawatan dan juga pemeriksaan gigi. “Diharapkan semakin bisa mengenalkan RSGM Soelastri kepada masyarakat,” kata Ida Witiasati, Jumat (16/10/2020).

RSGM Soelastri adalah rumah sakit untuk gigi dan mulut yang dikelola oleh Fakultas Kedokteran Gigi UMS, sekaligus difungsikan sebagai rumah sakit pendidikan. Rumah Sakit ini menempati  lahan seluas 1.524 m2 yang berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No 366 Solo. RSGM Soelastri adalah rumah sakit khusus gigi dan mulut  kelas C satu-satunya yang ada di Kota Surakarta.

Tujuan didirikannya RSGM Soelastri adalah untuk menghasilkan dokter gigi yang profesional yang selaras antara IMTAQ dan IPTEKDOKGI, menciptakan produk penelitian dan karya ilmiah yang mendukung pendidikan dan pelayanan dan menghasilkan pelayanan yang paripurna dan islami sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Fungsinya sebagai pelayanan umum dan rumah sakit pendidikan maka tujuannya juga mencakup upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Solo dan sekitarnya serta sebagai wahana pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Adapun nama rumah sakit diambil dari tokoh perempuan yang menjadi salah satu pendiri UMS, Hj Soelastri Gito Atmojo, yang menjadi Ketua Pimpinan Aisyiyah tahun 60-an. Hj Soelastri dipandang sangat besar jasanya bagi Muhammadiyah khususnya kaum perempuan. Tokoh tersebut juga merupakan salah satu inisiator berdirinya UMS, yang diawali dengan pendirian fakultas pendidikan untuk mengatasi minimnya guru perempuan untuk mengajar siswa perempuan, khususnya guru olahraga.

Dalam kesempatan itu Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif MSi, merasa bangga selama ini telah bekerjasama dengan Bank Jateng Syariah. Sofyan berharap bantuan mobil Ambulan ini menjadi barokah untuk memberikan pelayanan prima. “Mewakili UMS kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Bank Jateng Syariah. Semoga barokah untuk kita semua” katanya. (**)