Bank Jateng Kembangkan Perbankkan Syariah di Brebes

BREBES – Bank Jateng terus memperluas jaringan pelayanannya, dengan mengembangkan perbankkan syariah di Kabupaten Brebes. Sabtu (11/1), Secara resmi Kantor Cabang Pembantu Syariah Bank Jateng, dibuka di Jalan A Yani Kota Brebes. Peresmian dilakukan Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Brebes Djoko Gunawan.

Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya mengatakan, pembukaan Kantor Cabang Pembantu Syariah Brebes merupakan salah satu upaya strategis, untuk secara terus meningkatkan pelayanan dan manfaat yang diberikan Bank Jateng Syariah kepada para nasabah. “Untuk itu, kami harapkan segenap elemen masyarakat yang berada di sekitar wilayah Kantor Cabang Pembantu Syariah Brebes ini, dapat memanfaatkan jasa dan layanan secara optimal,” ujarnya.

Menurut dia, perkembangan ekonomi syariah di Indonesia cukup menggembirakan, khususnya keuangan syariah. Total aset keuangan syariah mencapai 8,29 persen dari total aset keuangan Indonesia dan mampu tumbuh sebesar 10,87 persen. Industri halal merupakan sektor prioritas yang akan dikembangkan oleh pemerintah melalui master plan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) tahun 2019. Karena itu, pihaknya mengajak kepada masyarakat di Brebes untuk berperan aktif dalam pengembangan ekonomi syariah melalui Bank Jateng Syariah. Kedepan, pengembangan jasa layanan Bank Jateng Syariah akan dilakukan melalui pengembangan produk dana dan pembiayaan, serta jasa perbankan berkualitas lainnya sesuai kebutuhan nasabah. Hal itu sebagai wujud keseriusan semua jajarannya untuk mengembangkan perekonomian berbasis syariah dan memberikan pelayanan prima.

“Dibukanya Kantor Cabang Pembantu Syariah di Brebes ini, Bank Jateng Syariah saat ini telah memiliki 193 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jaringan kantor ini terdiri dari 5 Kantor Cabang Syariah, 14 Kantor Capem Syariah, 10 Kantor Kas Syariah, 4 Payment Point Syariah dan 156 Layanan Syariah serta 4 Mobil Kas Keliling Syariah,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga akhir Tahun 2019, kinerja Bank Jateng Syariah menunjukkan perkembangan usaha yang mampu tumbuh di tengah tekanan ekonomi global. Total aset yang dimilili telah mencapai Rp72,14 triliun atau tumbuh sebesar 7,92 persen, dari posisi akhir tahun 2018 sebesar Rp 66,85 triliun. Sedangkan dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun mencapai Rp 49,30 triliun atau tumbuh sebesar 9,10 persen, dari posisi tahun sebelumnya Rp45,19 triliun. “Untuk pembiayaan, kami telah menyalurkan dana mencapai Rp 48,96 triliun atau tumbuh sebesar 6,66 persen, dari posisi akhir tahun 2018 Rp 45,90 triliun,” terangnya.

Sementara itu, Sekda Pemkab Brebes, Djoko Gunawan mengatakan, Pemkab Brebes memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya Bank Jateng Syariah, dengan membuka kantor cabang pembantu di Brebes. Keberadaannya tentu akan mempermudah masyarakat dalam mendapat pelayanan. “Ini juga semakin memperlengkap keberadaan bank yang ada di Brebes, sehingga akan memberikan kemudahan kepada masyarakat,” katanya.